Cara Ampuh Mengatasi Komputer Freeze dan Hang

AnekaTekno.com - Kendala yang sering terjadi dan sering membuat dongkol ketika menggunakan komputer atau laptop adalah freeze dan hang. Karena hal tersebut kegiatan kita akan menjadi terhambat, pasalnya terhentinya sistem operasi yang kita gunakan. Windows merupakan sistem operasi yang sering kali mengalami freeze dan hang. Ciri-cirinya yaitu tampilan menjadi gelap atau terhenti, mouse tidak bergerak atau tidak beroperasi, aplikasi yang ingin terbuka didak terbuka walaupun sudah di pencet berkali-kali. Ada beberapa cara mengatasi komputer freeze dan hang yang nantinya bakalan kita bahas di bawah.

Hal pertama yang harus dilakuka ketika komputer mengalami freeze dan hang yaitu :

1. Menghentikan Aplikasi Yang Mengalami Not Responding
  1. Tekan Ctrl + Alt + Del/Delete (Secara bersama-sama) kemudian akan membuka tampilan Task Manager (untuk Windows 10 silahkan pilih menu Task Manager).
  2. Selanjutnya silahkan cari aplikasi yang mengalami frezz/hang/Not Responding.
  3. Jika sudah pilih End Task.
2. Mereset/Menghidupkan Ulang Komputer/Laptop
Jika tidak bisa masuk ke Task Manager, jalan satu-satunya adalah me-restrat komputer/laptop kamu. Jika laptop kamu tidak ada tombol restrat, kamu bisa menekan tombol power secara lama sampai mesin laptop kamu mati dan kamu bisa menekan tombol power kembali untuk menghidupkannya.

Adapun Penyebab Freeze dan Hang -nya komputer/laptop adalah :

1. CPU/Laptop Panas
Sirkulasi udara pada CPU atau Laptop juga harus di perhatikan, banyaknya debu yang berada pada headsing/fan mengakibatkan sirkulasi udara menjadi panas. Jadi kamu perlu rutin membersihaknnya atau bisa juga menambah fan tambahan di bawah laptop.

2. Hardisk Yang Sudah Terlalu Penuh
Ternyata hardisk yang hampir mencapai kapasitasnya menyebabkan komputer atau laptop mengakami freeze dan hang. Jadi kamu usahakan jangan terlalu banyak menyimpan data pada hardisk, saya sarankan untuk menyimpan data ke hardisk external atau flashdisk. Kamu juga bisa menghapus cache yang tidak bermanfaat menggunakan aplikasi CCleaner atau menggunakan aplikasi bawaan windows yaitu Disk Defragmenter ( Klik Start >> All Program >> Accessories >> System Tools >> Disk Defragmenter >> Analyze >> Defragment Disk).
3. RAM Yang Bermasalah
Kamu bisa membersihkan RAM dengan menggunakan penghapus pensil, bagian yang kamu bersihkan adalah bagian kuning-kuningnya, ingat membersihkannya harus satu arah.

4. Komputer Terkena Virus
Virus merupakan momok yang menakutka bagi pengguna komputer/laptop. Jadi, untuk terhindar dari virus kamu wajib memiliki antivirus yang up to date baik yang versi gratis (Bawaan Windows) atau versi berbayar. Kamu bisa melakukan full scan untuk membersihkan virus-virus yang terdapat pada perangkat kam, atau kalau ingin mudahnya kamu tinggal install ulang aja sistem operasinya.

5. Driver Yang Tidak Cocok
Terkadang komputer freeze dan hang diakibatkan driver yang baru saja dipasang tidak cocok dengan perangkat. Hal ini bisa kamu atasi dengan menghapus driver yang kamu pasang sebelumnya atau bisa juga melakukan Roll Back kedriver sebelumnya.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Cara Ampuh Mengatasi Komputer Freeze dan Hang