Menghapus Data Cache Pada Hard Disk Yang Hampir Penuh

AnekaTekno.com Hard disk atau yang sering dikenal hdd hardisk adalah media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data-data pada komputer. Hard disk terdapat  dua jenis yaitu hard disk external dan hard disk internal. Fungsinya sama, hanya saja penggunaannya berbeda. Hard disk internal biasanya terpasang pada komputer atau laptop, yang digunakan untuk menyimpan data-data komputer seperti data sistem operasi dan lain-lainnya dan hard disk jenis ini tidak portabel (tidak bisa dibawa kemana-mana dan tidak bisa plugin/langsung colok). Sedangkan hard disk external adalah hard disk yang portabel (bisa dibawa kemana-mana dan bisa langsung plugin) hard disk external cara kerjanya sama seperti flashdisk hanya saja yang membedakannya ukuran penyimpanannya dan ukurannya yang lebih besar.

Taukah kamu ternyata menyimpan data pada Hard Disk yang hampir penuh  ternyata dapat merusak komputer/laptop kamu sehingga memperlampat kinerja dari komputer/laptop kamu. Ada beberapa hal mengapa hard disk sudah hampir penuh padahal data yang kita simpan hanya sedikit. Hal itu disebabkan karena banyaknya sampah cache yang tersimpan pada hard disk. Cache adalah file sementara yang disimpan di memori komputer ketika menjalankan suatu aplikasi sehingga ketika menjalankan kembali aplikasi yang sama  prosesnya akan lebih cepat.

Ada beberapa cara untuk menghapus data cache pada hard disk komputer/laptop yaitu :

1. Menggunakan aplikasi bawaan windows yaitu Disk Defragmenter
Disk Cleanup adalah aplikasi untuk menghapus file sampah/cache yang disediakan oleh windows, cara penggunaanya cukup mudah yaitu :
Windows XP dan Windows 7
  • Klik Start >> All Program >> Accessories >> System Tools >> Disk Defragmenter >> Analyze >> Defragment Disk.
Windows 10
  • Pilih menu windows/tekan logo windows pada keyboard.
  • Ketikkan Defragment and Optimize Drive, jika sudah muncul silahkan pilih.
  • Pilih drive yang ingin di hapus cachenya.
  • Selanjutnya pilih Analyze, silahkan tunggu hingga selesai. Jika sudah silahkan pilih Optimize.



2. Menggunakan Aplikasi CCleaner
Aplikasi ini bisa kamu serach aja di googe, kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Penggunaanya juga cukup mudah. Untuk menghapus file sampah/cache kamu hanya menginsttal Ccleaner, selanjutnya silahkan buka CCleaner. Pilih Analize lalu pilih Clean All.



 

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Menghapus Data Cache Pada Hard Disk Yang Hampir Penuh