Tips Mengatasi Smartphone Android Bootloop Terus Menerus

AnekaTekno.com - Malam sob, kali ini admin akan membagikan Tips Mengatasi Smartphone Android Bootloop Terus Menerus . Tips ini sudah teruji berhasil karena sudah admin coba di Smartphone Android admin yang saat itu pernah mengalami bootloop.

Buat anda yang belum mengetahui apa itu bootloop? Bootloop merupakan proses booting atau loading yang terjadi terus menerus (mengulang terus) tanpa tertuju ke menu awal yang biasanya tampil ketika Smartphone Android anda berjalan dnegan baik. Faktor penyebab dari bootloop itu biasanya dikarenakan terjadi perubahan sistem aslinya yang disebabkan aktivitas pengoprekan.

Tips Mengatasi Smartphone Android Bootloop Terus Menerus
Tips Mengatasi Smartphone Android Bootloop Terus Menerus

Admin mau berbagi cerita nih mengapa kemarin Smartphone Android admin mengalami Bootloop. Waktu itu admin emang lagi melakukan pengoprekan untuk melakukan sesuatu. Tanpa disengaja waktu pemindahan data dari PC ke Smartphone, kabel usb tercabut dan hasilnya proses pemindahan data tersebut tidak selesai yang mengakibatkan Smartphone Android admin mengalami bootloop. Waktu itu admin kurang mengerti apa itu bootloop, ketika kejadian itu Smartphone admin mati dan admin coba hidupkan kembali. Pada saat di hidupkan, seperti biasa melakukan proses booting (sambil mengeluarkan logo merek Smartphone). Tapi proses booting nya tidak selesai-selesai nah admin pun kebingungan mengenai kejadian ini dan langsung saja searching di google mengenai masalah ini. Nah dari sinilah admin tau ternyata Smartphone admin mengalami bootloop.

Waktu itu admin sangat gelisah banget sebab itu Smartphone minggu depan di perlukan. Dan admin pun searching sana-sini dan di peraktekan langsung oleh admin. setelah membaca beberapa tulisan di forum android mengenai masalh ini admin sempat membaca ternyata bootloop itu banyak jenisnya, yang pertama Bootloop Soft dan Bootloop Hard. Langsung deh admin sedikit menelan luda dan sambil berkata dalam hati "Semoga aja ini Smartphone hanya mengalami Bootloop Soft, jadi masih bisa di perbaiki" . Nah untuk masalah Bootloop Hard, dapat info dari rekan-rekan forum katanya susah di perbaiki dan disarankan untuk membeli Smartphone baru.

Waktu itu yang pertama admin lakukan ketika memperbaiki Smartphone Android admin yaitu :

  • Mencoba Menghidupkan Lagi Smartphone
Disini admin menghidupkan lagi Smartphone, bermaksud agar proses booting bisa selesai. Beberapa jam kemudia (kira-kira 4 jam) itu Smartphone masih saja bootling dan akhirnya baterai Smartphone habis.

  • Melakukan Factory Reset
Apa itu Factory Reset? Factory Reset merupakan fitur yang diberikan oleh perusahaan pembuat Smartphone yang berfungsi untuk me-reset ulang Smartphone ke setelan awal atau pabrik. Fitur ini bisa di jumpai di menu pengaturan pada masing-masing Smartphone anda. Maka timbul pertanyaan, bagaimana jika Smartphone tidak bisa masuk ke menu smartphone alias Bootloop? Tenang, biasanya setiap android ada fitur melakukan factory reset tanpa melalui menu pengaturan di Smartphone. Caranya cukup mudah, anda hanya mematikan terlebih dahulu Smartphone. Kemudia hidupkan kembali dengan cara menekan tombol power dan tombol volume - atau + secara bersamaan. Kemudian akan muncul menu di layar Smartphone sobat, dan kemudian pilih factory reset.


Seletah melakukan kedua hal tersebut, tapi Smartphone admin tetep tidak bisa masuk kemenu alias masih bootloop. Nah disini admin hampir nyerah untuk melakukan memperbaiki Smartphone Android yang mengalami Bootloop sendiri dan admin hampir mau ke counter untuk memperbaiki itu Smartphone. Tapi admin mempunyai tekad kuat untuk memperbaiki Smatphone Android yang bootloop itu sendiri. Sebelum pergi ke counter, admin sempat coba lagi beberapa cara yaitu:

  • Melakukan Flash Ulang Smartphone Android
Ini adalah cara terakhir yang admin coba dan akhirnya Smartphone sudah kembali dengan semula seperti baru lagi. Bagi anda yang tidak mengerti apa itu Flash, Flash Ulang Smartphone merupakan proses penginstallan ulang android . Proses ini merupakan proses dimana menjadikan Smartphone Android sobat menjadi baru (seperti membeli awal dan aplikasi yang ada aplikasi bawaan). Buat Cara Flash UlangSmartphone Androidnya admin belum bisa posting nih karena ini postingan sudah panjang banget. Mungkin lain kali akan admin share bagaimana cara melakukan Flash Ulang Smartphone Android. Oh ya sebelumnya, untuk melakukan install ulang atau biasa disebut Flash Ulang, anda terlebih dahulu mendownload sistemnya yang bisa di dapatkan di webside resmi merek Smartphone anda.

Mungkin hanya itu Tips Mengatasi Smartphone Android Bootloop Terus Menerus, semoga tips ini dapat membantu anda dalam memperbaiki Smatphone anda.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Tips Mengatasi Smartphone Android Bootloop Terus Menerus