Bahaya Penjahat Cyber Kini Mengintai Smartphone Lakukan Hal Ini Segera

By On Categories : TipsDanTutorial

Seiring perkembangan jenis ponsel sekarang, smartphone telah menjadi primadona di kalangan masyarakat. Karena fitur-fitur yang ditawarkan smartphone lebih unggul dibandingkan ponsel biasanya. Banyaknya fitur-fitur yang tersedia pada smartphone menjadikan masyarakat lebih mudah dalam melakukan berbagai hal seperti chatting, browsing, transaksi online, shopping dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Belanja Online Memang Mudah Namun Berisiko Tinggi

Banyaknya pemakai smartphone khususnya berplatform Android ternyata berita angin segar bagi para penjahat cyber. Untuk era sekarang, penjahat cyber lebih memfokuskan pada pengguna smartphone. Kenapa demikian? Pasalnya banyak smartphone yang beredar di masyarakat didalam smartphonenya belum memiliki antivirus.

Seberapa pentingkah antivirus pada android? Antivirus pada smartphone sangatlah penting, walaupun sebagian orang mengatakan “Ngapain install antivirus, itu hanya membuat full RAM dan ROM saja” namun kamu jangan percaya dengan opini sebagian orang tersebut. Semua yang ada didunia ini tidak ada yang sempurna, bener gk? Karena kesempurnaan hanyalah milik Sang Pencipta. Jadi dapat diperkirakan bahwa sistem operasi Android masih banyak kekurangan berupa celah (bug) sehingga celah tersebut dapat dimanfaatkan penjahat cyber untuk pencurian data. Itulah mengapa Google Inc selalu melakukan update sistem operasi Android.

Kebanyakan penjahat cyber melakukan pencurian data yang berhubungan dengan transaksi online baik itu pembayaran menggunakan SMS Banking, Internet Banking dan lain-lain. Penjahat cyber biasanya melakukan penyusupan melalui aplikasi yang kamu install pada smartphone. Nah disinilah peran dari antivirus, antivirus membantu kamu dalam mendeteksi aplikasi yang berbahaya yang sudah disisipkan virus.

Lantas apasaja yang harus diperhatikan ketika ingin menginstall aplikasi pada smartphone?

  1. Selalu install aplikasi yang berasal dari Google Play Store.
  2. Jangan tergiur dengan aplikasi premium pada Google Play Store yang dibagikan gratis di webside yang sudah di MOD.
  3. Jangan panik jika ketika kamu asik browsing muncul popup atau notifikasi bahwa smartphone kamu terkena virus karena itu merupakan iklan yang menyarankan kamu untuk mengunduh aplikasi yang bukan berasal dari Google Play Store.
  4. Selalu melihat apa saja yang diakses aplikasi (izinkan) ketika ingin menginstall aplikasi.

Baca Juga : Begini 10 Langkah Mudah Menghadapi Kejahatan Internet (Cyber Crime)

Bahaya Penjahat Cyber Kini Mengintai Smartphone Lakukan Hal Ini Segera | Aneka Tekno | 4.5