Harga Avanza Tetap Stabil, Penjualan Toyota Terselamatkan di Tengah Pasar yang Lesu


Pada tahun 2019 ini memang banyak pihak yang menyebutkan bahwa pasar otomotif cenderung stagnan. Hal ini malah juga disebut mengalami penurunan penjualan hingga Oktober kemarin. Tercatat, secara keseluruhan pasar otomotif di Indonesia kini tengah turun 12% dibandingkan tahun 2018 lalu. Angka ini didapat dari data yang dihimpun dari asosiasi otomotif terbesar Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).


Penurunan penjualan tidak hanya dialami merek-merek kecil saja, tapi juga pabrikan besar yang sudah mapan. Salah satunya adalah PT Toyota Astra Motor sebagai agen pemegang merek Toyota di Indonesia. Toyota Astra Motor dilaporkan juga tengah mengalami penurunan penjualan tahun ini.
"Kami melihat bahwa pasar otomotif sedang turun, dan yang patut disyukuri adalah bahwa Toyota dapat meminimalkan penurunan," kata Andri Widiyanto, Deputi Manajer Umum Perencanaan Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu.

Dirinya mengungkapkan, penurunan penjualan PT TAM tidak terlalu banyak. Salah satu faktornya adalah lantaran penjualan Avanza masih cukup tinggi. Memang, sulit menurunkan penjualan Toyota Avanza ini. Dicap sebagai mobil sejuta umat, Toyota Avanza terbaru kerap menjadi pilihan masyarakat Tanah Air.

"Ya, kami melihat bahwa saat ini kontribusi terbesar di segmen mid low adalah Avanza yang masih mendukung," jelas Andri.

Menariknya lagi, Toyota Avanza terbaru tidak sendiri. Masih ada beberapa model besutan merek asal Jepang ini yang juga 'terselamatkan' di sisi penjualan seperti misalnya Calya, Rush, Innova, dan Fortuner.

Kembali ke prestasi penjualan Toyota Avanza terbaru, low MPV ini masih unggul dari pesaing terdekatnya, Mitsubishi Xpander. Sepanjang Januari hingga September 2019 kemarin, Toyota Avanza masih menjadi mobil yang memuncaki daftar penjualan segmen low MPV.

Secara total, Avanza berhasil terjual sebanyak 61.087 unit, sedangkan Mitsubishi Xpander di urutan kedua hanya mencapai raihan 48.195 unit terjual pada periode yang sama. Dengan selisih angka 12.892 unit, Toyota Avanza terbaru berhasil meninggalkan jauh pesaingnya itu.

Penjualan Toyota Avanza yang bisa menyelamatkan pabrikan ini ditengarai lantaran harga Avanza yang tetap stabil. Tidak seperti harga kompetitor yang terus-terusan naik.

Harga Avanza terbaru kini dibanderol mula dari Rp 191,1 juta hingga Rp221,2 jutaan.


Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar harga Avanza terbaru yang dikutip dari situs Carmudi.co.id.
  • Avanza 1.3 E MT        Rp191,1 Juta
  • Avanza 1.3 E AT         Rp202,3 Juta
  • Avanza 1.3 G MT       Rp208,95 Juta
  • Avanza 1.3 G AT        Rp219,65 Juta
  • Avanza 1.5 G MT       Rp221,25 Juta
Harga avanza sewaktu-waktu dapat berubah, untuk update harga avanza bisa cek disini

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Harga Avanza Tetap Stabil, Penjualan Toyota Terselamatkan di Tengah Pasar yang Lesu