Google Menjamin Keamanan Data di Android Dengan Merilis Fitur AndroidSecurity

AnekaTekno.com - Google telah merilis Android Security State of the Union 2014, ini menunjukan bahwasannya bertapa seriusnya Google untuk menjaga/security sistem operasi Android yang merupakan sistem operasi terlaris pada saat ini. Google Play setiap harinya melakukan scan security/keamanan sebanyak 200 juta scan pada setiap perangkat yang bertujuan agar untuk menjaga sistem operasi Android tetap selalu aman. Ada lebih dari 1 miliar perangkat yang telah dilindungi oleh Google Play.

Dilansir dari blog resmi Google, Google mengukapkan bahwa tahun lalu kurang dari 1% dari perangkat Android memasang PHA  atau aplikasi yang berpotensi bahaya bagi sistem operasi Android . Dari Google Play Store sendiri, hanya sebesar 0,15% dari perangkat yang terpasang PHA tahun lalu. Dan jumlah ini akan terus menurun. Antara awal 2014 dan sampai tahun 2015 ini, tingkat instalasi PHA ini sendiri telah turun hingga 50%.

Ada info satu lagi nih Netter, SafetyNet telah memeriksa lebih dari 400 juta sambungan per harinya untuk masalah SSL. Tahun lalu tepatnya 2014, lebih dari 25.000 aplikasi di Google Play Store telah diperbarui oleh pengembang dikarenakannya telah menerima pemberitahuan keamanan dari Google Play. Dan Mitra Android dan Android sudah menanggapi semua pemberitahuan kemanan itu dan menyelesaikannya pada tahun lalu.

Dilansir juga dari blog resmi Google menyatakan Google berkomitmen untuk membuat ekosistem/tempat hidup Android yang aman bagi user dan pengembang/pembuatnya. Inilah  sebabnya Google telah membangun Android  dengan lebih dari satu lapisan keamanan di platform Android itu sendiri. Selain perlindungan tradisional seperti enkripsi dan aplikasi sandbox, lapisan-lapisan ini juga menggunakan dua tinjuan,  yaitu sistem otomatis dan manual untuk menjaga ekosistem aman dari malware, phishing penipuan, dan spam setiap hari.

Wahh dengan Google merilis Android Security State of the Union 2014, pastinya Android kita semua akan selalu aman dari segala serangan virus dari luar. Sehingga data-data yang ada di sistem operasi Android kita tetap terjaga kerahasiannya Netter.

Semoga  info ini merupakan angin baik bagi para user Handphone(HP) yang menggunakan sistem operasi Android.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Google Menjamin Keamanan Data di Android Dengan Merilis Fitur AndroidSecurity