Cara Mengatasi File Too Large Pada Saat Copy File Ke Dalam Flashdisk Di Windows

By On Categories : TipsDanTutorial

AnekaTekno.com – Flashdisk merupakan alat penyimpanan file secara permanen. Flashdisk memiliki fungsi hampir sama dengan Harddisk, yang membedakan hanya ukuran dan fleksibelitasnya. Flashdisk mudah digunakan karena ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana saja untuk kebutuhan penyimpanan file atau menyalin file. Terkadang ada beberapa kendala yang sering terjadi pada flashdisk salah satunya yaitu tidak bisa menyalin/meng-copy file yang besar dan memunculkan notifikasi File Too Large. Padahal untuk kapasitas flashdisk yang kosong lebih besar dibandingkan file yang ingin disalinkan.

Pertama sekali menemukan error ini waktu saya ingin menyalin file master sistem operasi debian ke dalam flashdisk. Notifikasi File Too Large muncul saat  saya menyalin, saya sedikit bingung pasalnya file yang saya salin memiliki ukuran/kapasitas lebih kecil dibanding kapasitas flashdisk saya. Setelah saya mencari-cari dan mencoba-coba solusinya sampai akhirnya saya menemukannya. Ternyata masalahnya hanya pada format file system yang tadinya FAT32 diubah menjadi NTFS. Berikut ini cara untuk mengubah file system flashdisk menjadi NTFS :

  1. Masukan Flashdisk ke Laptop/PC.
  2. Klik Kanan pada Drive USB Flashdisk kamu dan pilih Format.
  3. Pada File System ubah menjadi NTFS dan pilih start.
  4. Tunggu proses format selesai, jika sudah selesai kamu sudah bisa menyalin file berukuran besar tanpa mengalami kendala kembali File Too Large.

Cara Mengatasi File Too Large Pada Saat Copy File Ke Dalam Flashdisk Di Windows | Aneka Tekno | 4.5