Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa di Charger

AnekaTekno.com – Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa di Charger. Salah satu keunggulan dari laptop yaitu dapat dibawa kemana saja karena sumber daya nya dari baterai yang sudah disini sebelumnya untuk menghidupkan laptop. Jadi baterai merupakan salah satu bagian terpenting dari laptop. Walaupun laptop masih bisa nyala jika tak memakai baterai, tetapi tindakan tersebut dapat memperpendek umur laptop kamu. Pernah suatu hari laptop saya mengalami permasalahan yaitu baterai laptop tidak bisa dicharger. Tidak bisa dicharger disini maksudnya baterai tidak bisa menyimpan arus listrik. Ketika kejadian tersebut, saya gelisah banget sob maklumlah sebagai mahasiswa laptop sangat dibutuhkan untuk mengerjakan tugas kuliah terutama jurusan Teknik Informatika.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa di Charger

Baca jugaJangan Cas Baterai Hp Anda Terlampau Lama, Akibatnya Fatal !

Disaat kegelisahan karena kejadian tersebut, yang ada dipikiran saya yaitu beli baterai baru atau mengganti isi dalaman Baterai (dengan cara membuka baterai laptop). Untuk pilihan pertama “Membeli Baterai Baru” wahdu sangat keberatan sekali. Saya akan berpikir berkali-kali karena harga baterai laptop asli itu tidak murah. Maklumlah sob, budget mahasiswa pas-pasan. Ya pilihan satu-satunya yaitu mengganti dalaman baterai sendiri dengan baterai ion. Tapi keraguan tiba-tiba muncul, kenapa? Ya karena laptop yang saya pakai ini umurnya baru 1,5 tahun. Tak etis banget jika baterai laptop yang dipakai 1,5 tahun sudah tidak bisa dicharger.

Sebelumnya saya sudah menanyakan ke teman-teman saya mengenai umur laptop yang dipakai mereka dan apakah baterai mereka sudah pernah diganti? Dan ternyata jawaban mereka “BELUM PERNAH“. Wah seketika kaget dong, sebab ada teman saya umur laptopnya sudah 4 tahun lebih tetapi belum pernah mengalami masalah terhadap baterai tidak bisa di charger. Setelah mengetahui info tersebut, akhirnya saya engan membongkar baterai. Solusinya ya mencari kerusakan/permasalahan yang mengakibatkan baterai laptop tidak bisa di charger.

Cara-cara yang saya lakukan untuk mengatasi baterai laptop tidak bisa dicharger yaitu :

1. Install ulang driver baterai
Sudah tau dong gimana cara install ulang/update driver? Kamu tinggal membuka “Device Manager” dengan cara klik kanan My Computer > Manage > Device Manager. Pilih nama driver baterai yang sudah diistall sebelumnya. Akan muncul beberapa driver, silahkan klik kanan dan pilih Update Driver Sofware(sebelumnya kamu harus terhubung ke internet). Silahkan lakukan semuanya hingga selesai.

install ulang dan update driver baterai yang tidak bisa di charger

2. Menyalakan laptop tanpa baterai
Setelah menginstall/update driver baterai, kemudian lapto saya matikan dan baterai saya lepas(disini baterai laptop saya bisa dilepas). Kemudian laptop saya hidupkan tanpa baterai kira-kira selama 10 menit. Selanjutnya saya matikan laptop dan pasang kembali baterai.

3. Kalibrasi ulang
Setelah baterai dipasang, saya nyalakan kembali laptopnya (sambil saya charger).Membuat kalibrasi baru dengan cara :

  • Buka Control Panel > Hardware and Sound > Power option > Create a power plan.
  • Pilih Balanced(recomended) dan pada Plan name isi nama kalibrasi yang diinginkan.
  • Ikut langkah selanjutnya sampai selesai.

Kalibrasi baru sudah selesai, langsung saja matikan laptop (sambil di charger) selama kurang lebih 30 menit. Dan 30 menit kemudian , silahkan hidupkan laptop dan baterai sudah bisa di charger (waktu itu sudah terisi 40%) sampai saat ini baterai laptop saya tidak bermasalah lagi ketika dicharger.

Itulah pengalaman saya mengatasi laptop yang tidak bisa dicharger. Untuk kamu yang sudah mencoba cara diatas dan masih tak teratasi, saya sarankan untuk mencari artikel lain yang membahas kasus yang sama atau kamu bisa membeli baterai laptop yang baru.

Baca juga postinganMenjalankan Aplikasi Android Tanpa Smartphone di Komputer

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa di Charger | Aneka Tekno | 4.5
loading...