Berdampak Buruk, Ingat Jangan Beri Gadget Kepada Anak Sebelum Umur 14 Tahun

By On Categories : News

AnekaTekno.com – Di era serba teknologi saat ini memang sangat butuh penangan khusus dalam pengenalan teknologi kepada anak. Tidak dipungiri, anak-anak di dunia terkhusus di Indonesia sudah bisa mengoprasikan gadget diumurnya yang dibilang masih dini. Anak-anak tersebut sengaja diberikan Gadget oleh orang tuanya agar tidak rewel. Apa yang sering dimainkan anak kerika main Gadget? Game, game lah yang selalu dimainkan anak-anak ketika bermain Gadget.

Taukah anda bahwa Pakar Parenting (pendidikan orangtua untuk anak-anak) di Amerika pernah melakukan penelitian mengenai masalah ini dan juga telah membuktikan bahwa membiarkan anak menyentuh teknologi terlalu dini bisa berdampak buruk pada anak. Ternyata Bill Gates (Bos Microsoft) menyakini hasil dari penelitian pakar perenting tersebut. Bill Gates menerapkan aturan tegas tentang memberikan gadget pada anak-anaknya yaitu anak-anaknya hanya dibolehkan memiliki ponsel saat menginjak umur 14 tahun. Bagaimana dengan anda?

Miris memang, banyak anak-anak di dunia terkhususnya di Indonesia sudah mahir menggunakan Gadget di umur yang masih terbilang dini. Contohnya ponakan saya, diumur 1.5 tahun ia sudah dibilang mahir menjalankan Gadget. Biasanya dia gunakan Gadget untuk bermain game. Game seperti apa saja tanpa dibimbing cara bermainnya, ia bisa memainkannya dan bahkan ia bisa mengunduh game yang baru. Aneh memang, tapi ini kenyataan di era sekarang. Jadi untuk orang tua harap ikut adil dalam menyelamatkan masa kanak-kanak anak anda.

Berikut ini merupakan dampak buruf Gadget bagi anak anda :
1. Anak akan terpapar pengaruh buruk dari internet, juga rentan menjadi korban dari predator yang berkeliaran di internet, atau bullying di dunia digital.
2. Akan memengaruhi perkembangan kecerdasan otak anak.
3. Membuat anak menjadi malas bergerak, sehingga sistem motoriknya lamban untuk berkembang.
4. Mempengaruhi perkembangan kesehatan mental dan sosialnya. Anak yang kecanduan internet dan gadget tidak bisa bersosialisasi dengan baik, sehingga dia tidak memiliki teman bermain.
5. Membuat anak ketergantungan terhadap gadget, sehingga dia tidak bisa mandiri dalam menyelesaikan masalah.
6. Anak menjadi lamban dalam berpikir.

Sebagai orangtua, kita harus berani tegas dalam menetapkan aturan terkait memberikan gadget pada anak. Meski anak mengeluh ini itu, Anda harus tetap kuat menerapkan aturan itu. Agar anak bisa bertumbuh kembang dengan baik. Mari jadikan pelajaran untuk lebih tegas dalam peraturan penggunaan gadget pada anak kita di rumah.

Baca Juga : Tips Ampuh Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Berdampak Buruk, Ingat Jangan Beri Gadget Kepada Anak Sebelum Umur 14 Tahun | Aneka Tekno | 4.5